Kedudukan Bahasa Indonesia

KATA PENGANTAR

 

Puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah menolong penulis menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Allah SWTmungkin penulis tidak akan sanggup menyelesaikan makalah ini dengan baik.Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui kedudukan bahasa indonesiadi masyarakat dan fungsinya untuk mahasiswa. Makalah ini disusun oleh penulis dengan berbagai rintangan. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Makalah ini memuat tentang “Kedudukan Bahasa Indonesia di Masyarakat dan Fungsinya”.Judul tersebut sengaja dipilih karena menjadi tugas pelajaran  bahasa indonesia. Tugas tersebut  bertujuan  supaya  Penulis  mampu mengetahui mengapa pelajaran bahasa indonesia perlu diajarkan dari bangku sekolah dasar  hingga bangku perkuliahan. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang ikut membantu penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini masih banyak ke kurangannya, baik dalam hal  penulisan  maupun  dalam penyusunan  kalimatnya. Penulis juga memohon kepada pembaca untuk memberikan saran dan kritiknya.

 

Terima kasih.

 

Penulis

BAB 1

PENDAHULUAN

 

  1. A.  LATAR  BELAKANG  MASALAH

 

Bahasa Indonesia mempunyai peran yang sangat penting didalam kehidupa bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Peran itu tampak didalam kehidupan masyarakat di berbagai wilayah tanah air indonesia. Bahasa Indonesia digunakan sebagaisarana ekspresi dan komunikasi didalam kegiatan kehidupan manusia di Indonesia. Komunikasi pada berbagai kegiatan masyarakat dan dunia pendidikan,memanfaatkan Bahasa Indonesia untuk membangun kesepakatan dan kesepahaman yang memungkinkan terjadinya kelancaran pembangunan masyarakat dan kelancaran pendidikan. Dalam perkembangan dari waktu ke waktu, Bahasa Indonesia telah terujikeberadaannya, baik sebagai bahasa persatuan maupun sebagai bahasa resmi negara.Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan,sesuai dengan perkembangan zaman dan cara berfikir manusia. Demikian pula BahasaIndonesia berkembang mengikuti perkembangan tersebut, sejalan dengan perubahan yang terjadi di masyarakat, khususnya di bidang kosa kata. Oleh karena itu, tidak bolehmenyepelekan Bahasa Indonesia, karena Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan sangat penting dalam diri dan dalam bangsa Indonesia.Judul makalah ini sengaja dipilih untuk memenuhi tugas pelajaran BahasaIndonesia. Agar terlaksana kelancaran pendidikan Bahasa Indonesia, maka makalah iniakan dibuat dengan sebaik-baiknya.

 

  1. B.  IDENTIFIKASI MASALAH

Sesuai dengan judul makalah ini “Kedudukan Bahasa Indonesia di Masyarakat dan Fungsinya untuk Mahasiswa”,maka masalah yang dapat diidentifikasikan sebagai berikut :

1.Apa peran dan kedudukan Bahasa Indonesia di kalangan mahasiswa dan lingkunganmasyarakat?

2.Bagaimana cara agar Bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa kebanggaan khususnya bagi mahasiswa?

 

  1. C.  PEMBATASAN MASALAH

Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahasdibatasi pada masalah :

1.Peran Bahasa Indonesia di kalangan mahasiswa dan lingkungan masyarakat

2.Cara agar Bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa kebanggaan khususnya bagimahasiswa

 

  1. D.  PERUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalahyang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :1.Bagaimana deskripsi peran Bahasa Indonesia di

kalangan mahasiswa danlingkungan masyarakat?

2.Bagaimana deskripsi cara agar Bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa

kebanggaan para mahasiswa?

 

 

 

 

BAB 2

PEMBAHASAN

Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa melayu, yang sejak duludipakai sebagai bahasa perantara di hampir seluruh Asia Tenggara. Kedudukan BahasaIndonesia sangat penting, karena menjadi bahasa persatuan di seluruh tanah air ini. Sesuaidengan judul makalah ini, pembahasan meliputi kedudukan Bahasa Indonesia dimasyarakat, fungsi Bahasa Indonesia untuk mahasiswa dan bangga terhadap BahasaIndonesia.

 

  1. A.  KEDUDUKAN  BAHASA  INDONESIA  DI  MASYARAKAT

Bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting,terutama di lingkunganmasyarakat. Masyarakat menggunakan Bahasa Indonesia untuk membangun kesepakatandan

kesepahaman yang memungkinkan terjadinya kelancaran pembangunan

masyarakat.Kedudukan Bahasa Indonesia telah tercantum didalam ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1928yang berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasaIndonesia”, serta tercantum didalam Undang Undang Dasar 1945 BAB XV (Bendera,Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan) Pasal 36 yang berbunyi “Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia”Kedudukan Bahasa Indonesia dibagi menjadi 2, yaitu sebagai Bahasa Nasional danBahasa Negara (Bahasa resmi NKRI).1.Bahasa NasionalBahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional karena kedudukannya berada diatas bahasa-bahasa daerah. Hasil perumusan seminar politik Bahasa Nasional yang diselenggarakan di Jakarta  pada  tanggal  25- 28 Februari 1975 menegaskan bahwa kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai :

  • Lambang kebanggaan nasional
  • Lambang identitas nasional
  • Alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya
  • Alat penghubung antar budaya antar daerah-daerah.
  • Bahasa Negara (Bahasa Resmi NKRI)Dalam hasil perumusan seminar politik Bahasa Nasional yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25-28 Februari 1975, dikemukakan bahwa didalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai :
  • Bahasa resmi kenegaraan
  • Bahasa pengantar resmi dilembaga-lembaga pendidikan
  • Bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah
  • Bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern

 

  1. E.  FUNGSI  BAHASA  INDONESIA  UNTUK  MAHASISWA

Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengembangan dari bahasa melayu, yangdulu dipakai sebagai bahasa perantara di hampir seluruh daerah Asia Tenggara. Bahasa Indonesia hingga saat ini menjadi perisai pemersatu yang belum pernah dijadikan sumber  permasalahan pemakainya, yang berasal dari berbagai suku dan daerah.Hal ini dapat terjadi, karena bahasa indonesia dapat menempatkan dirinya sebagaisarana komunikasi efektif. Dengan demikian bahasa indonesia dan juga bahasa daerah memiliki peran penting di dalam memajukan pembangunan masyarakat di  Indonesia. Setelah dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, nilai-nilai dan status bahasa indonesiatidak dapat ditinggalkan. Jadi intinya bahasa indonesia merupakan aspek penting di dalamkehidupan sosial. Namun saat ini bahasa indonesia sering diperlakukan semena-mena. Hal inidisebabkan karena masyarakat indonesia terutama para remaja, sebagai pemakai bahasatidak memberikan perhatian khusus untuk mendalami dan mempelajari bahasa indonesia.Bahasa indonesia adalah bahasa yang hidup,artinya dapat berubah sesuai denga keperluan pemakainya.Mendalami dan mempelajari bahasa indonesia tidak bertujuan untuk mencegah perubahan itu, namun bertujuan agar bahasa indonesia tetap dapat dipakai sebagaimana fungsinya. Untuk itu walaupun sudah menjadi mahasiswa, masih perlu mendalami dan mempelajari bahasa indonesia.

 

  1. B.  BANGGA TERHADAP BAHASA INDONESIA

Proses globalisasi ini lebih banyak ditakuti daripada dipahami untuk kemudian diantisipasi  dengan arif dan cermat. Proses globalisasi  tetap menempatkan  masalah local ataupun  masalah etnis sebagai masalah yang penting  dan harus dipertimbangkan. Bahasa indonesia yang tadinya hanya merupakan bahasa melayu dengan pendukung yang kecil telah berkembang menjadi bahasa indonesia yang besar. Bahasa ini telah menjadi bahasa lebih  dari  200  juta  rakyat  di  nusantara  indonesia.  Sebagian diantaranya juga telah menjadikan bahasa indonesia sebagai bahasa pertama. Bahasa indonesia yang tadinya bahasa melayu telah menggusur sejumlah bahasa lokal yang cukup besar, seperti bahasa sunda dan bahasa jawa. Bahasa indonesia juga telah tumbuh dan berkembang menjadi bahasa yang modern pula. Perkembangan yangdemikian akan terus berlanjut.Bahasa indonesia harus mampu menjadi bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi.Supaya bahasa indonesia diberdayakan guna memenuhi kebutuhan alat komunikasi dalamarus globalisasi, dengan melakukan pengembangan bahasa indonesia di segala bidang. Penyerapan bahasa inggris kedalam bahasa  indonesia  merupakan  keadaan  yang  tidak dapat dielakkan di era global. Namun satu hal yang perlu dicatat, jangan  sampai  situasi inimengakibatkan perubahan bahasa  indonesia. Sudah  saatnya  membangkitkan  sikap  rasa  bangga pemilik dan pemakai bahasa indonesia.  Rasa  bangga  ini  sebagai  salah   satu   wujud  sikap positif terhadap bahasaindonesia. Dengan demikian bahasa indonesia selain terjadi penguatan persatuan nasional, jati diri bangsa indonesia akan terwujud, dan pada akhirnya bahasa indonesia bisa eksis diera globalisasi. Merdeka dan majulah bersama bahasa indonesia!

 

 

BAB 3

PENUTUP

  1. A.  KESIMPULAN

Berdasarkan uraian bahasan “Kedudukan Bahasa Indonesia di Masyarakat danFungsinya untuk Mahasiswa” dapat di simpulkan bahwa :

1.Peran Bahasa Indonesia sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat,  berbangsa,dan bernegara. Mengingat bahwa bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan.

2.Kita sebagai warga negara indonesia wajib mengenal dan mempelajari bahasaindonesia, sehingga bisa melestarikan bahasa sendiri.3.Sebagai warga negara Indonesia, kita harus bangga dengan bahasa Indonesia.

 

  1. B.  SARAN

Dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, baik darisegi penulisan  maupun  dari  segi  penyusunan  kalimatnya.  Oleh  karena  itu, penulis sangatmengharapkan kepada pembaca untuk memberikan kritikan dan saran yang bersifatmembangun,sehingga penulis dapat mengetahui apa kesalahannya dan dapat  m e mperbaikinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s